5 Macam Macam Software Akuntansi yang Dapat Membantu Menghitung Keuangan

  • Whatsapp

Bagi mahasiswa atau akuntan informasi mengenai macam macam software akuntansi perlu diketahui. Hal ini dikarenakan software akuntansi akan sangat membantu proses perhitungan data dan juga keuangan. Dengan adanya bantuan dari software pekerjaan akuntan atau mahasiswa akan sangat terbantu. Nah, apa saja daftar software akuntansi tersebut? Berikut ulasannya:

1. MYOB

MYOB merupakan software yang cukup populer di bidang akuntansi. Software ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga banyak disukai pengguna lantaran mudah dioperasikan. Bahkan, bagi pengguna yang sama sekali tidak memiliki dasar-dasar ilmu akuntansi dapat menggunakannya dengan nyaman.

Dengan memakai MYOB ini pengguna mampu membuat pembukuan untuk data-data keuangan perusahaan maupun pribadi. Hasilnya dapat dilihat secara otomatis, lengkap dan akurat. Selain itu hal ini jauh lebih meringankan beban dibandingkan harus membuatnya secara manual. Terlebih untuk sosok yang sama sekali tidak paham mengenai dunia akuntansi. Meskipun begitu, pengguna masih belum bisa memodifikasi laporan ataupun field dalam software MYOB.

2. MOAE

MOAE dirancang supaya dapat dipakai oleh penggunanya secara gratis. Meski tidak berbayar, program ini sangat bisa diandalkan dalam urusan akuntansi. Tampilan berandanya sederhana dan cukup detail. Dalam pembuatan laporan keuangan pengguna hanya perlu memasukkan data transaksi dari nota, faktur dan lain-lain, sehingga pengguna tidak perlu membuat jurnalnya terlebih dahulu.

Tidak hanya membuat laporan keuangan, pengguna juga dapat menampilkan laporan lain secara otomatis guna mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Namun, fitur perpajakan yang kurang dilengkapi dengan hukum dan peraturan perpajakan di Indonesia. Meskipun begitu, software ini sangat menjanjikan lantaran diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

3. Krishand

Software ini memang dikhususkan dalam pelaporan pajak yang menyediakan template berupa formulir pajak yang sudah disesuaikan dengan peraturan dan prosedur pajak di Indonesia. Dengan menggunakan Krishand ini pengguna tidak perlu sudah-sudah memakai blanko pajak. Tidak hanya itu, menggunakan software ini juga akan menghemat waktu sehingga membantu membuatkan laporan pajak yang akurat dan efisien.

Kelebihan lainnya yakni software ini dilengkapi dengan fitur yang dapat menampilkan semua berkas pajak yang terdahulu hingga yang terbaru. Dengan demikian, pengguna tidak perlu susah payah untuk membongkar arsip jika membutuhkan berkas-berkas penting. Tidak hanya laporan pajak saja, software ini juga dapat membuat laporan lainnya sehingga tidak perlu menggunakan dua software. Meskipun begitu, Krishand memiliki usability yang kurang baik.

4. Zahir Accounting

Salah satu macam macam software akuntansi yang perlu diketahui adalah Zahir Accounting. Software ini dikembangkan dengan UI yang sangat ramah pengguna. Selain itu, fitur-fiturnya lengkap bahkan cenderung paling lengkap daripada software-software yang lainnya. Zahir Accounting dilengkapi dengan faktur dan laporan yang dapat didesain sesuai dengan kemauan penggunanya. Fasilitas dan kapasitasnya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Perlu diingat bahwa jika ingin menggunakannya, maka pengguna harus membelinya dengan paket standar dengan fasilitas tambahan tertentu. Ternyata software ini dipatok dengan murah dan ramping lantaran tidak dibebani dengan fitur-fitur yang tidak berguna. Zahir Accounting juga memberikan laporan analisa yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan.

5. Quick Book

Software ini menawarkan fungsi dan fitur yang super lengkap. Kelebihannya yakni bisa digunakan multi user, departemen dan currency. Laporan yang dihasilkan sangat lengkap dengan analisa berupa grafik, sehingga dapat membantu penggunanya mengetahui kondisi keuangan perusahaan.

Didukung dengan tampilan yang menarik disertai dengan dukungan tutorial berupa video dan pdf. Akan tetapi, panduan tersebut dibuat dalam bahasa asing, sehingga agak susah memahaminya jika tidak terlalu menguasai bahasa Inggris.

Itulah macam macam software akuntansi yang dapat digunakan dengan mudah dan didesain dengan tampilan sederhana. Untuk yang minim biaya, mungkin bisa menggunakan software yang bisa dipakai secara gratis. Dengan adanya beragam software-software akuntansi ini tentu akan sedikit banyak membantu urusan keuangan perusahaan ataupun keuangan pribadi.

Baca Juga: Pinjaman Online OJK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.