9 Kelebihan dan Kekurangan Pensiun Dini

  • Whatsapp
pensiun dini

Pensiun dini adalah tindakan yang diambil oleh seseorang untuk mengundurkan diri dari perusahaan atau melepas pekerjaannya sebelum waktu yang ditentukan. Pada Peraturan Pemerintah No.45 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun, usia pensiun pertama yakni 56 tahun, lalu pada bulan Januari 2019 diubah menjadi 57 tahun.

Kemudian usia untuk pensiun dini dari PNS maupun pegawai swasta perlu diperhatikan. Undang-Undang No.5 Tahun 2014 menyatakan bahwa PNS yang mengajukan pensiun dini setidaknya berumur 45 tahun dengan masa kerja 20 tahun. Jika terjadi perampingan, maka minimal umurnya 50 tahun dengan masa kerja minimal 10 tahun. Sedangkan usia minimal pensiun dini bagi pegawai swasta tergantung dengan perusahaan tersebut.

9 Kelebihan dan Kekurangan Pensiun Dini yang Harus Kamu Pertimbangkan

Pada umumnya, persyaratan pensiun dini dikombinasikan antara usia dan masa kerja para karyawannya. Contohnya, minimal umur 45 tahun dengan masa kerja setidaknya 10 tahun di perusahaan tersebut.

Kelebihan dari mengambil pensiun dini yaitu memiliki waktu luang yang banyak bagi keluarga dan orang terdekat; lebih banyak waktu untuk bersosialisasi dan menikmati hidup; ada kesempatan mengembangkan diri maupun hobi; serta bebas untuk berkarya sesuai panggilan hati.

Meskipun kelebihannya cukup banyak, pensiun dini juga memiliki beberapa kekurangan di antaranya: 1) kadang-kadang merasa kesepian karena terbiasa bekerja; 2) bingung mau berbuat apa dan tidak ada tujuan; 3) menjadi masalah finansial jika tidak merencanakan pensiun dini dengan matang; 4) cara pandang terhadap liburan berubah menjadi hal yang tidak istimewa; serta 5) kurang menikmati waktu-waktu yang seolah sia-sia, misalnya kemacetan.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan dari pensiun dini, hal terpenting yang perlu dipikirkan adalah tujuan hidup. Tujuan hidup yang menuntun kamu untuk lebih menikmati hidup karena ada arahnya. Jika hanya bekerja dan bekerja saja tanpa tahu tujuan hidup, maka hidup terasa membosankan dan melelahkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *