Mengapa Harus Mengunjungi Alun-Alun Kidul Saat “One Day Tour Jogja”

  • Whatsapp

Apakah Anda sedang merencanakan dan mencari tempat yang unik dan menarik? Jika iya, Alun-Alun Kidul adalah destinasi yang sempurna untuk dimasukkan dalam itinerary Anda. Sebagai salah satu tempat bersejarah di Yogyakarta, Alun-Alun Kidul menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dengan suasana yang khas dan berbagai kegiatan menarik.

Alun-Alun Kidul, atau sering disebut Alkid oleh warga setempat, adalah bagian dari keraton Yogyakarta yang sarat akan sejarah dan budaya. Tempat ini tidak hanya menjadi tempat rekreasi bagi warga lokal, tetapi juga destinasi favorit bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana malam di Jogja yang khas dan meriah.

Sejarah dan Asal Usul Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul memiliki sejarah yang panjang dan erat kaitannya dengan Keraton Yogyakarta. Dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I, Alun-Alun Kidul awalnya digunakan sebagai tempat latihan prajurit keraton. Selain itu, tempat ini juga berfungsi sebagai ruang terbuka yang digunakan untuk berbagai upacara dan acara keraton.

Pada zaman dahulu, Alun-Alun Kidul merupakan salah satu dari dua alun-alun yang ada di Yogyakarta, yang lainnya adalah Alun-Alun Utara. Kedua alun-alun ini memiliki fungsi yang berbeda namun sama-sama penting bagi kehidupan keraton. Alun-Alun Kidul dikenal lebih santai dan digunakan untuk acara yang lebih informal dibandingkan dengan Alun-Alun Utara.

Keunikan Alun-Alun Kidul

Salah satu keunikan Alun-Alun Kidul adalah adanya dua pohon beringin besar yang berada di tengah-tengah alun-alun. Konon, siapa pun yang bisa berjalan melewati dua pohon beringin dengan mata tertutup akan mendapatkan keberuntungan. Ritual ini dikenal dengan nama “Masangin” dan sering dilakukan oleh wisatawan maupun warga lokal.

Selain itu, Alun-Alun Kidul juga menjadi tempat berkumpulnya berbagai penjual makanan dan minuman khas Jogja. Anda bisa menikmati jajanan tradisional seperti wedang ronde, angkringan, dan berbagai kuliner khas lainnya sambil menikmati suasana malam yang meriah.

Aktivitas Menarik di Alun-Alun Kidul

Berkunjung ke Alun-Alun Kidul tidak lengkap rasanya tanpa mencoba berbagai aktivitas menarik yang ditawarkan. Salah satu kegiatan yang paling populer adalah menyewa sepeda lampu. Sepeda yang dihiasi lampu-lampu warna-warni ini menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi anak-anak dan remaja.

Aktivitas lainnya yang tidak kalah seru adalah bermain layang-layang. Angin yang cukup kencang di area ini membuat aktivitas bermain layang-layang menjadi sangat menyenangkan. Anda bisa melihat berbagai bentuk dan warna layang-layang yang menghiasi langit malam Alun-Alun Kidul.

Menikmati Suasana Malam di Alun-Alun Kidul

Saat malam tiba, Alun-Alun Kidul berubah menjadi tempat yang sangat ramai dan meriah. Lampu-lampu warna-warni dari sepeda hias, jajanan yang beraneka ragam, dan suara musik dari pengamen jalanan menciptakan suasana yang sangat khas. Anda bisa duduk-duduk santai di tikar sambil menikmati makanan ringan dan melihat hiruk-pikuk orang yang berlalu lalang.

Banyak juga wisatawan yang memanfaatkan malam di Alun-Alun Kidul untuk berfoto ria. Pemandangan lampu-lampu malam yang gemerlap memberikan latar belakang yang sempurna untuk foto-foto Instagramable. Tidak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Hiburan di Alun-Alun Kidul

Ada apa saja sih di alun alun kidul?

Musik Jalanan

Salah satu hiburan yang paling mudah ditemukan di Alun-Alun Kidul adalah musik jalanan. Banyak pengamen yang tampil dengan berbagai genre musik, mulai dari pop, rock, hingga musik tradisional. Anda bisa menikmati musik sambil bersantai dan menikmati suasana malam.

Permainan Tradisional

Selain musik, ada juga berbagai permainan tradisional yang bisa Anda coba. Misalnya, permainan egrang atau lompat tali yang sering dimainkan oleh anak-anak di area ini. Permainan ini tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan kesempatan untuk mengenal budaya lokal lebih dekat.

Pertunjukan Seni

Pada waktu-waktu tertentu, Anda juga bisa menikmati pertunjukan seni di Alun-Alun Kidul. Pertunjukan seperti tari-tarian tradisional, wayang kulit, dan musik gamelan sering diadakan untuk menghibur pengunjung. Pertunjukan seni ini menambah kekayaan budaya yang bisa Anda nikmati di Alun-Alun Kidul.

Alun-Alun Kidul adalah destinasi yang menawarkan berbagai pengalaman menarik dalam satu tempat. Dengan sejarah yang kaya, suasana yang meriah, dan berbagai aktivitas seru, Alun-Alun Kidul menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat Anda berada di Jogja. Pastikan untuk menyempatkan waktu mengunjungi tempat ini saat Anda melakukan “one day tour Jogja” untuk merasakan sendiri pesona dan keunikan Alun-Alun Kidul.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *